PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN TEKS BERITA MELALUI VIDEO DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK FASE D MTsN 1 PANGANDARAN

Entis Sutisna, Muhamad and Pertiwi Hidayati, Panca and Budiarti, Any (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN TEKS BERITA MELALUI VIDEO DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MEINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK FASE D MTsN 1 PANGANDARAN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (26kB)

Abstract

Keterampilan berbahasa adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menggunakan bahasa. Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, kemampuan mempresentasikan informasi menjadi keterampilan yang sangat penting bagi peserta didik. Salah satu materi dalam bahasa indonesia adalah teks berita. Penyampaian materi teks berita yang kurang inovatif dan metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru menjadi penyebabnya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, variabel bebas yaitu, model project based learning dan variabel terikat yaitu teks berita. setelah dilakukan penelitian pembelajaran mempresentasikan teks berita melalui video dengan model project based learning terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil posttest. Pada kelas eksperimen, nilai terendah pretest 45 dan nilai tertinggi 75 dengan rata-rata 59,5. selanjutnya nilai terendah posttest rata-rata nilai pretest 59,5 dan nilai posttest 75 dan nilai tertinggi 96 dengan rata-rata nilai 85. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test memberikan nilai Z -5,118 dengan p 0,000, yang mengonfirmasi adanya perbedaan signifikan antara hasil Pretest dan Posttest.Hasil ini menunjukan model project based learning efektif meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mempresentasikan tek berita. Penggunaan media video dalam pembelajaran teks berita juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Teks Berita, Project Based Learning, Kemampuan Mempresentasikan, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 06 May 2025 02:29
Last Modified: 06 May 2025 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75236

Actions (login required)

View Item View Item