MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERMEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK FASE F SMK PASUNDAN 1 BANJARAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Karlina, Lina (2025) MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERMEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK FASE F SMK PASUNDAN 1 BANJARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Lina E- Journal Literasi 2022 (1).doc

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap pembelajaran teks eksplanasi dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pasundan 1 Banjaran. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal pretest, posttest dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses penerapan pelaksanaan model creative problem solving bermedia animasi memberikan hasil lebih baik terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi serta meningkatnya kemampuan berpikir kreatif; (2) kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi bermedia animasi dengan model creative problem solving mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dengan peningkatan kemampuan rata-rata 61,80 menjadi 88,05; (3) kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi bermedia animasi dengan model creative problem solving lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model ekspositori nilai rata-rata akhir 85,05 berbanding dengan 62,22; (4) kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi bermedia animasi sebelum diberikan perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 49,33 menjadi 78,30; (5) kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model creative problem solving bermedia animasi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 73,90 berbanding dengan 47,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik semakin baik. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir, Media Animasi, Model Creative Problem Solving

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 30 Apr 2025 01:43
Last Modified: 30 Apr 2025 01:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75228

Actions (login required)

View Item View Item