TANGKELEMBANG, PRASETYO (2025) Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai media informasi produk branded Jersey original Sepak Bola pada akun JerseyForum. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI PRODUK BRANDED JERSEY ORIGINAL SEPAKBOLA PADA AKUN JERSEYFORUM.docx Download (57kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB II.docx Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (28kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.docx Download (16kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul ”PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA INFORMASI PRODUK BRANDED JERSEY ORIGINAL SEPAKBOLA PADA AKUN JERSEYFORUM” Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana cyberspace, cybercommunity, cyberculture dengan tentang jersey original melalui Jerseyforum di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan didasari oleh Teori Computer Mediated Communication (CMC) yaitu teori yang mempelajari perilaku manusia dalam berinteraksi melalui komputer. Subjek penelitian ini ialah Komunitas Jersey dan pencinta Jersey original. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 10 informan diantaranya ialah 1 informan inti, 6 informan Khusus, 2 infroman pendukung dan 1 informan Akademis Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa. Cyberspace memberikan ruang virtual di media sosial instagram terhadap anggota baru dengan cara memberikan kebebasan berpendapat untuk anggota baru agar setiap anggota semakin solid. Cybercommunity jerseyforum mempunyai peran terhadap pembentukan komunitas-komunitas jersey yang ada di Indonesia. Cyberculture menunjukkan adanya kampanye mengajak orang-orang untuk memakai jersey original karena menurut para informan apabila membeli jersey original klub yang disuka secara tidak langsung mendukung klub tersebut melalui merchandise yang dihadirkan oleh klub tersebut. Saran yang ingin peneliti sampaikan diharapkan komunitas jersey sepak bola atau pengguna outfit jersey sepak bola di Indonesia agar bisa terbuka lagi mengenai produk jersey sepak bola original, dan pemerhati olahraga sepakbola aware terhadap keberadaan jerseyforum. Kata kunci: Media Informasi, Jersey Original, Teori CMC, Media Sosial, Jerseyforum
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 04:50 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 04:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |