PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA PENTOL CEKER BEGAL DI BANDUNG

Llucky, Felda Fiona (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA USAHA PENTOL CEKER BEGAL DI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (58kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (270kB)

Abstract

Pentol Ceker Begal merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner. Pentol Ceker Begal berdiri sejak tahun 2016. Memiliki berbagai variasi produk pentol,dari lobster hingga kepiting. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa terdapat permasalahan dalam minat beli, permasalahan tersebut diduga karena konten yang di posting di Media SosialInstagram yang kurang menarik. Dan isi pesan yang disampaikan kurang jelas. Dalam berkomunikasi Pentol Ceker Begal kurang memberikan informasi kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berapa besar pengaruh Promosi Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli konsumen pada Pentol Ceker Begaldi Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer menggunakan observasi, wawancara, dan menyebarkan kuisioner kepada 50 orang, sedangkan untuk data sekunder melalui studi kepustakaan. Analisis data, menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,analisis regresli linear sederhana, koefisien korelasi rank spearman, uji t (parsial), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Promosi Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli menurut uji regresi linear sederhana. Menurut analisis koefisien korelasi rank spearman sebesar 0,670 dengan n=50. Artinya pengaruh antara Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pentol Ceker Begal termasuk sedang. Didapat pula koefisien determinasi sebesar 45% (Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram) Promosi Media Sosial Instagram). Namun, di sisi lain menunjukkan bahwa 55% merupakan faktor lain seperti ketetapan harga, kualitas produk, dan preferensi merek. Pentol Ceker Begal dalam pelaksanaan media sosial Instagram memiliki beberapa hambatan, yaitu isi pesan yang kurang jelas,konsep konten yang belum ada. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu membuat konsep yang jelas dan unik di setiap postingan feeds dan reels, meningkatkan skill copywriting sehingga konten dan pesan yang disampaikan tepat sasaran dan menarik. Kata kunci : Promosi, Media sosial, Instagram, Minat Beli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:38
Last Modified: 25 Apr 2025 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75171

Actions (login required)

View Item View Item