PENGARUH PENETAPAN HARGA TIKET DAN LOKASI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA KABUPATEN BANDUNG

Syafira, Verra Juliane (2025) PENGARUH PENETAPAN HARGA TIKET DAN LOKASI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI TAMAN HUTAN RAYA IR. H. DJUANDA KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (302kB)

Abstract

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda adalah kawasan hutan lindung di Bandung yang diresmikan pada 14 Januari 1985. Dengan luas 590 hektare, Tahura ini memiliki beragam flora, fauna, serta situs bersejarah seperti Gua Belanda dan Gua Jepang. Sebagai destinasi wisata alam, Penetapan Harga Tiket dan Lokasi Wisata menjadi faktor penting dalam meningkatkan Minat Berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengenai seberapa besar pengaruh Penetapam Harga Tiket dan Lokasi Wisata terhadap Minat Berkunjung di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang dibutuhkan pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden sebanyak 100 responden dengan populasi konsumen yang pernah mengunjungi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, uji korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian variabel Penetapan Harga Tiket (X1) terhadap Minat Berkunjung (Y) sebesar 65,2% termasuk dalam kategori pengaruh kuat, variabel Lokasi Wisata (X2) terhadap Minat Berkunjung (Y) sebesar 35,6% termasuk dalam kategori pengaruh lemah. Penetapan Harga Tiket (X1) dan variabel Lokasi Wisata (X2) terhadap variabel Minat Berkunjung (Y) sebesar 68,1% termasuk dalam kategori pengaruh yang kuat sedangkan sisanya 31,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam analisa dan penelitian tersebut. Saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu perusahaan sebaiknya lebih mengoptimalkan strategi harga yang lebih fleksibel, seperti diskon atau paket promo untuk menarik lebih banyak wisatawan. Selain itu, peningkatan aksesibilitas dan fasilitas pendukung seperti transportasi dalam kawasan, lahan parkir yang memadai, serta kebersihan dan kenyamanan fasilitas umum juga perlu diperhatikan agar memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung. Kata Kunci : Penetapan harga Tiket, Lokasi Wisata, Minat Berkunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:29
Last Modified: 21 Apr 2025 03:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75037

Actions (login required)

View Item View Item