Cahyadi, Syifa Diva (2025) PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN SEWA PRODUK CRANE DI PT LINTAS CAKRA CIPTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (432kB) |
Abstract
PT Lintas Cakra Cipta adalah perusahaan yang beroperasi dalam bidang jasa dan telah berdiri sejak tahun 1980. Salah satu divisinya adalah divisi crane, yang dikenal dengan nama usaha "Raja Crane," yang fokus pada penyewaan mobile crane. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya masalah terkait volume penjualan yang fluktuatif disebabkan oleh persaingan harga sehingga penetapan harga yang dilakukan kurang optimal dan belum mampu menyesuaikan diri dengan dinamika pasar dan daya beli pelanggan. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penetapan harga sewa terhadap jumlah penjualan produk crane yang dihasilkan oleh PT Lintas Cakra Cipta Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara yang terstruktur dan penyebaran kuisioner kepada para karyawan Raja Crane. Sampel penelitian ini, menggunakan sampling jenuh yang teridiri dari 30 responden. Kemudian analisis data dilakukan melalui pengujian validitas, pengujian reliabilitas intrumen, regresi linear sederhana, korelasi rank Spearman, koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini, ditemukan adanya pengaruh positif yang cukup kuat dan signifikan antara penetapan harga (X) terhadap volume penjualan (Y) sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain di luar penelitian ini, seperti keputusan pelanggan dan promosi yang dapat mempengaruhi volume penjualan. Raja Crane mengalami beberapa hambatan, yaitu persaingan produk dan membangun frame perusahaan. Upaya untuk meningkatkan volume penjualan sebaiknya melakukan analisis mendalam terhadap pasar dan pesaing dan membuat nilai misi yang jelas. Saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu PT Lintas Cakra Cipta Bandung sebaiknya dapat meningkatkan daya saing dengan menambah variasi produk crane yang diproduksi tahun terbaru, memperkuat branding melalui dorongan ulasan positif, dan meninjau harga agar tetap kompetitif tanpa mengorbankan kualitas, meskipun harga yang ditawarkan mungkin lebih tinggi. Kata Kunci : Penetapan Harga, Volume Penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:24 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |