PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI KABUPATEN BANDUNG

MUSHTHAFA, MUHAMAD TAUFIQ (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (175kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI KABUPATEN BANDUNG” (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Penggunaan akun instagram @wisatakabupatenbandung)”. Perkembangan media sosial saat ini menjadi salah satu platform yang memiliki banyak peminat. Banyak sekali informasi yang bisa didapatkan di media sosial termasuk informasi pariwisata. Instagram, sebagai sebuah platform berbasis visual, menawarkan peluang besar bagi destinasi wisata untuk memperkenalkan dan mempromosikan keindahan serta keunikan tempat wisata yang ada kepada audiens yang lebih luas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfataan media sosial instagram sebagai sarana media promosi pariwisata yang dilakukan oleh akun @wisatakabupatenbandung. Penelitian ini menggunakan teori The Circular Model Of SOME dari Regina Luttrell. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah akun @wisatakabupatenbandung membagikan konten- konten promosi pariwisata berupa foto maupun video melalui instastory, feeds, dan video reels. Dalam mengoptimalkan akun instagram @wisatakabupatenbandung admin memanfaatkan ads atau iklan berbayar dalam mempromosikan kontennya, berkolaborasi dengan akun-akun instagram sejenis yang memiliki followers lebih banyak serta fokus memproduksi konten postingan berupa video pendek reels. Disini admin sekaligus konten kreator bertanggung jawab untuk mengelola dan memantau segala sesuatu kegiatan yang ada di akun tersebut. Selanjutnya, admin menjalin hubungan dengan pihak-pihak tempat wisata langsung agar mendapatkan informasi yang lebih terpercaya dan melibatkan pengikutnya untuk berbagi konten pariwisata dengan menandai akun @wisatakbuaptenbandung dan memberi feedback dan apresiasi setiap konten yang dikirim. Kata Kunci : Media Sosial, Promosi, Pariwisata, Instagram, @wisatakabupatenbandung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Apr 2025 09:19
Last Modified: 17 Apr 2025 09:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75007

Actions (login required)

View Item View Item