ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAPADA MATERI SISTEM INDRA

WATI LENI, 205040084 (2025) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWAPADA MATERI SISTEM INDRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER .pdf

Download (60kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (532kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dunia Pendidikan dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dan terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar dapat meningkatkan kualitas Pendidikan. Dimana pada abad 21 ini pendidikan diharapkan dapat mempersiapkan dan membentuk peserta didik untuk memiliki berbagai keterampilan. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sistem Indra dengan menggunakan aplikasi Ethno-Edugames Sangkuriang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Non-equivalen control group. Subjek penelitian ini menggunakan dua kelompok sampel peserta didik kelas XI IPA. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu skor tes soal pilihan ganda yang terdiri 50 soal dari Pretest dan Posttest dan data angket respon siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran menggunakan aplikasi Ethno-Edugames Sangkuriang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,73 termasuk pada kriteria tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,37 pada kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Ethno-Edugames Sangkuriang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tanggapan setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi Ethno-Edugames Sangkuriang, menunjukkan tanggapan positif dari peserta didik. Kata Kunci: Ethno-Edugames Sangkuriang, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelas Eksperimen, Kelas Kontrol

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Apr 2025 08:09
Last Modified: 16 Apr 2025 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74949

Actions (login required)

View Item View Item