PERSEPSI MAHASISWA PADA FENOMENA TYPING GANTENG DI MEDIA SOSIAL

Rahmah, Resha Raudia (2025) PERSEPSI MAHASISWA PADA FENOMENA TYPING GANTENG DI MEDIA SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
KATA PENGANTAR - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (73kB)
[img] Text
COVER - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (36kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRACT - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR ISI - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II - Resha Raudia Rahmah.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Persepsi Mahasiswa pada Fenomena Typing Ganteng di Media Sosisal (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa di Kota Bandung pada Fenomena Typing Ganteng di Media Sosial). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana mahasiswa di Kota Bandung membentuk persepsi tehadap fenomena ‘typing ganteng’ di media sosial, khususnya dalam aspek seleksi, cara pandang, dan perilaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan mendalam, terhadap pengalaman dan pemaknaan mahasiswa. Teori Joseph A. Devito digunakan sebagai landasan untuk menganalisis proses pembentukan persepsi. Pengmpulan data dilakuakan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka guna memperoleh pemahaman yang komperhensif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas informan mengenal istilah ‘typing ganteng’ melalui platform seperi TikTok dan Instagram. Persepsi mahasiswa terhadap fenomena ‘typing ganteng’ di media sosial terbentuk melalui tiga tahap utama. Mahasiswa memilih untuk menggunakan atau merespons gaya komunikasi ini berdasarkan pengalaman dan tren yang berkembang. Fenomena ini dipahami sebagai strategi komunikasi untuk membangun kesan tertentu, baik dalam citra diri maupun hubungan sosial. dalam praktiknya, mahasiswa merespons dengan meniru, menyesuaikan, atau menjadikannya identitas dalam interaksi di media sosial. Peneliti menyarankan agar tetap terbuka terhadap perubahan bahasa, mengingat fenomena ‘typing ganteng’ merupakan bagian dari evolusi bahasa di era digital. Pengamat disarankan untuk bersikap terbuka dan objektif dalam menilai tren ini, sebagai bentuk adaptasi kreatif generasi muda terhadap media sosial. Kata Kunci: Perspsi, typing ganteng, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 16 Apr 2025 03:30
Last Modified: 16 Apr 2025 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74930

Actions (login required)

View Item View Item