PENGARUH CITA RASA DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA UMKM KERUPUK SADAR CIAMIS

Fachrezy, Rendy (2025) PENGARUH CITA RASA DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA UMKM KERUPUK SADAR CIAMIS. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover (1).pdf

Download (126kB)
[img] Text
Kata Pengantar (6).pdf

Download (133kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (17).pdf

Download (195kB)
[img] Text
Abstrack (5).pdf

Download (214kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (2).pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Isi (8).pdf

Download (89kB)
[img] Text
Bab 1 (12).pdf

Download (216kB)
[img] Text
Bab 2 (13).pdf

Download (266kB)

Abstract

UMKM Kerupuk Sadar Ciamis adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang industri makanan yang berfokus pada produksi kerupuk. UMKM ini menghadapi permasalahan dalam menjaga konsistensi dari rasa dan membuat harga menjadi lebih kompetitif dengan pesaing, di mana beberapa konsumen menganggap bahwa harga yang ditawarkan oleh UMKM kerupuk sadar Ciamis kurang kompetitif dibandingkan produk lain, sehingga menyebabkan penurunan penjualan atau minat beli dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cita rasa dan harga terhadap minat beli konsumen pada UMKM Kerupuk Sadar Ciamis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 60 responden yang pernah membeli atau mencoba produk kerupuk tersebut. Variabel independen dalam penelitian ini adalah cita rasa (X) dan harga (X), sedangkan variabel dependen adalah minat beli (Y). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, korelasi Rank Spearman, dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, analisis korelasi rank spearman didapatkan nilai sebesar 0,721 yang bertanda positif untuk cita rasa dan 0,774 yang bertanda positif untuk harga, hal tersebut menunjukkan bahwa cita rasa dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil uji koefisien determinasi menunujukkan bahwa 0,671 yang bertanda positif untuk variabel cita rasa dan 0,841 yang bertanda positif untuk harga, hal tersebut menunjukkan bahwa cita rasa dan harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Cita rasa memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan harga. Selain itu, hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian seperti citra merek, kualitas produk, lokasi usaha dan lainnya. Saran yang dapat peneliti sampaikan untuk UMKM Kerupuk Sadar Ciamis adalah perlu meningkatkan kualitas cita rasa dan menetapkan harga yang kompetitif untuk meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi bagi UMKM untuk melakukan inovasi produk dan strategi pemasaran yang lebih efektif. Kata kunci: Cita rasa, harga, minat beli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Apr 2025 07:03
Last Modified: 15 Apr 2025 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74893

Actions (login required)

View Item View Item