Prili Rizkita, Dikania (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MENGHADAPI TANTANGAN KURIKULUM MERDEKA DI ERA SOCIETY 5.0 (KASUS PADA SMP PASUNDAN 3 BANDUNG). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
Dikania Prili R. (218020120) - Jurnal.pdf Download (366kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerja guru menghadapi tantangan Kurikulum Merdeka di era Society 5.0 di SMP Pasundan 3 Bandung. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru memiliki pengalaman dan keterampilan pedagogik yang memadai, mereka masih menghadapi kendala dalam memahami konsep Kurikulum Merdeka, keterbatasan teknologi digital, serta kurangnya pelatihan profesional berkelanjutan. Strategi pengembangan profesionalisme yang disarankan meliputi pelatihan berkelanjutan, pembinaan berbasis kebutuhan, serta peningkatan kolaborasi antar guru. Penerapan strategi ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja guru yang lebih adaptif, kreatif, dan inovatif dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kinerja Guru, Kurikulum Merdeka, Society 5.0
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:38 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |