Dewinta, Risma (2025) ANALISIS CUSTOMER ENGANGEMENT TENTANG KUALITAS PELAYANAN PADA OBJEK WISATA AGROEDUWISATA SITUBOLANG INDRAMAYU. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
9. BAB 1.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
10. BAB 2.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
Abstract
Objek wisata agroeduwisata situbolang indramayu adalah Perusahaan jasa yang bergerak di bidang pariwisata melakukan edukasi pertanian dan bermain. Permasalahan yang ada pada objek wisata agroeduwisata situbolang indramayu adalah kualitas pelayanan yang belum optimal sehingga pengunjung belum memenuhi harapan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada di objek wisata agroeduwisata situbolang indramayu melalui peran customer engagement dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh adalah hasil wawancara terhadap pemilik objek wisata, dua orang karyawan objek wisata agroeduwisata situbolang indramayu dan delapan orang pengunjung objek wisata agroeduwisata situbolang indramayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka hasil analisis yang diambil, bahwa indikator bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati yang dilakukan belum maksimal. Hambatan yang ada pada objek wisata agroeduwisata situbolang indramayu adalah keterbatasan fasilitas seperti minimnya label pada tanaman, toilet yang terbatas (hanya 3 kamar mandi), dan jumlah gazebo yang tidak mencukupi saat ramai pengunjung. Saran yang dapat peneliti kemukakan antara lain, sebaiknya meningkatkan fasilitas dengan menambahkan toilet, menambahkan gazebo dan membangun mushola, memperluas jangkauan promosi tidak hanya di tiktok dan facebook, tetapi kerjasama dengan sekolah – sekolah dan influencer. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Customer Engagement, Agroeduwisata
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:53 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |