PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA HABITAAS CAFÉ KOTA BANDUNG

Awaliyah, Lutfia Rahmi (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA HABITAAS CAFÉ KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (630kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (368kB)

Abstract

Habitaas merupakan salah satu kafe yang terletak di Kota Bandung, berdiri sejak tahun 2020 pada saat pandemi berlangsung. Dengan konsep suasana santai dan asri, Habitaas menawarkan area outdoor yang luas dengan pemandangan hijau dari pepohonan rindang dan tanaman hias, menjadikannya tempat yang nyaman bagi konsumen. Maraknya penggunaan media sosial sebagai platform pemasaran digital, peran social media marketing menjadi semakin signifikan dalam memengaruhi purchase intention atau minat beli konsumen. Sebuah penelitian menemukan bahwa sebagian besar minat pembelian konsumen dipengaruhi oleh social media marketing yang dilakukan oleh suatu brand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Habitaas Café Kota Bandung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi, wawancara, serta menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, sedangkan teknik pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan, membaca jurnal, dan internet. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis skor variabel, uji validitas instrumen, uji reliabilitas instrumen, uji regresi linear sederhana, uji korelasi pearson, uji koefisiensi determinasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara social media marketing terhadap purchase intention dengan hasil kontribusi variabel X (Social Media Marketing) terhadap variabel Y (Purchase Intention) sebesar 61,7%. Sementara sisanya sebesar 38,3% dari epsilon atau kontribusi variabel eksternal yang tidak teridentifikasi atau di luar penelitian yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Adapun hambatan yang dihadapi Habitaas adalah minimnya strategi pemasaran yang terstruktur, perubahan algoritma Instagram, dan ketidakkonsistenan postingan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, dilakukan dengan meningkatkan engagement melalui interaksi langsung dan event komunitas, menyesuaikan strategi iklan dengan algoritma Instagram, dan meningkatkan konsistensi posting guna memperkuat eksposur digital. Berdasarkan hasil peneltian yang diperoleh, maka peneliti merekomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut diluar variabel yang tidak peneliti lakukan seperti brand awareness, harga produk yang dijual, kualitas dari produk, kepuasan pelayanan, dan lain sebagainya. Kata Kunci : Social Media Marketing, Purchase Intention

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:46
Last Modified: 15 Apr 2025 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74879

Actions (login required)

View Item View Item