Alzahra, Tifanny Firdaus (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TABUNGAN EMAS DI PT. PEGADAIAN KANWIL X BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_TIFANNNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI_TIFANNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf Download (547kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI_TIFANNNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI_TIFANNNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_TIFANNNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_TIFANNNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB II SKRIPSI_TIFANNNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI_TIFANNNY FIRDAUS ALZAHRA.pdf.pdf Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini yang berjudul “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TABUNGAN EMAS DI PT PEGADAIAN KANWIL X BANDUNG”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT Pegadaian Kanwil X Bandung dalam memasarkan produk Tabungan Emas kepada konsumen dilihat dari 7 proses STOP-SIT yaitu: Segmentation (Segmentasi), Targetting (Target), Objective (Tujuan), Positioning (Posisi), Sequence Of Tools (Urutan alat komunikasi), Integration Of Tools (Integrasi Alat Komunikasi), Tools (Alat Komunikasi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan analisis STOP-SIT dari Dave Caffey dan PR Smith (2008). Teknik pengumpulan data peneltian ini melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam peneltian ini melibatkan total 5 informan (Kepala Bagian Pemasaran dan Penjualan PT Pegadaian Kanwil X Bandung, dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unpas, nasabah aktif PT Pegadaian Kanwil X Bandung). Hasil penelitian yang didapatkan mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Pegadaian Kanwil X Bandung, 1) Melakukan segmentasi berdasarkan demografis dan perilaku konsumen. Mereka menargetkan masyarakat yang ingin berinvestasi dengan cara yang aman dan terjangkau dari kelas bawah, menengah, atas yang membutuhkan instrumen investasi jangka panjang. 2) Tabungan Emas PT Pegadaian ini memiliki sasaran utama yaitu nasabah yang sudah memiliki penghasilan dan ingin menyisihkan uangnya untuk berinvestasi berbasis emas dengan nilai yang stabil. 3) tujuan dari komunikasi pemasaran ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsumen tentang manfaat dan kemudahan berinvestasi melalui tabungan emas, serta memperluas jumlah nasabah yang menggunakan produk tersebut. 4) Tabungan Emas PT Pegadaian memiliki posisi yang kuat sebagai produk investasi yang mudah diakses, aman, dan terjangkau, dengan nilai emas yang terus meningkat, memberikan jaminan keuntungan bagi nasabah. 5) urutan alat yang digunakan dalam strategi komunikasi pemasaran mencakup pemasaran digital, pemasaran langsung, serta kerja sama dengan mitra bisnis yang strategis untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 6) integrasi antara berbagai alat pemasaran (seperti iklan, promosi, media sosial, dan edukasi konsumen) diterapkan secara sinergis untuk menciptakan pengalaman komunikasi yang kohensif dan terarah. 7) alat yang digunakan dalamm strategi ini meliputi iklan media sosial, kampanye pemasaran melalui platform digital, serta seminar yang mengajarkan masyarakat tentang pentingnya investasi emas. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, STOP-SIT, Tabungan Emas, PT Pegadaian Kanwil X Bandung
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 03:26 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |