PENGGUNAAN IPHONE SEBAGAI TREND FEAR OF MISSING OUT (FOMO) (Studi Fenomenologi di Kalangan Mahasiswa Bandung)

Arafat, Daffa Sinatrya (2025) PENGGUNAAN IPHONE SEBAGAI TREND FEAR OF MISSING OUT (FOMO) (Studi Fenomenologi di Kalangan Mahasiswa Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (75kB)
[img] Text
RINGKESAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan iPhone Sebagai Trend Fear Of Missing Out”. iPhone merupakan sebuah produk dari Apple yang menarik banyak perhatian masyarakat khususnya dibidang teknologi digital. Namun saat ini iPhone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, namun sudah menjadikan identitas diri oleh penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schurtz yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif, tindakan, dan makna dari pengguna iPhone di kalangan mahasiswa Bandung. Teknik pengumpulan data studi pustaka dan lapangan (observasi dan wawancara). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif informan menggunakan iPhone ini adalah karena mengikuti trend agar tidak tertinggal oleh orang lain atau Fomo, dengan desain yang elegan dan kamera yang jernih menjadi nilai tambah tersendiri. Tindakan yang dilakukan pengguna iphone adalah merekomendasikan kepada sesama pengguna iPhone secara langsung maupun melalui media sosial yang mereka gunakan dengan berdasarkan pengalaman selama mereka memakai iPhone dengan begitu timbulnya rasa ingin membeli dan hadir karena adanya motif takut akan tertinggal oleh orang lain atau (FOMO). Makna dari penggunaan iPhone adalah sebagai perangkat teknologi yang memiliki kualitas produk yang baik. Bahkan iPhone ini memiliki nilai tambah yang diciptakan oleh brand dari tampilan maupun kegunaannya yang sangat membantu para penggunanya dalam aktivitas sehari-hari yang membuat para pengguna tidak ragu lagi untuk menggunakannya. Kata Kunci : FOMO, Pengguna iPhone, Fenomenologi, Apple, media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:15
Last Modified: 15 Apr 2025 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74852

Actions (login required)

View Item View Item