Puspaindah Lestari, Laiqa (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP NILAI JASA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Suatu Survei pada Nasabah Tandamata Bank BJB Kantor Cabang Tamansari Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
Artikel Jurnal Laiqa Puspaindah 228020189.doc Download (511kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap nilai jasa serta implikasinya terhadap kepuasan nasabah pada produk tabungan BJB Tandamata di Bank BJB Kantor Cabang Tamansari Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 135 nasabah yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menganalisis data, digunakan analisis deskriptif dan regresi jalur untuk menguji hubungan antar variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Jasa dengan koefisien sebesar 0.391, yang berarti peningkatan kualitas produk akan langsung meningkatkan nilai jasa yang dirasakan nasabah. Citra Merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Jasa dengan koefisien sebesar 0.162, menunjukkan bahwa citra merek yang kuat memperbesar pengaruhnya terhadap persepsi nilai jasa nasabah. Secara bersamaan, Kualitas Produk dan Citra Merek memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Jasa dengan R Square sebesar 0.215, yang menjelaskan sekitar 21,5% variasi nilai jasa yang dirasakan nasabah. Nilai Jasa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah sebesar 0.594, yang berarti semakin tinggi nilai jasa yang diberikan, semakin besar pula kepuasan nasabah. Kualitas Produk memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap Kepuasan Nasabah melalui Nilai Jasa dengan total pengaruh sebesar 0.480, sementara pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Nasabah melalui Nilai Jasa lebih kecil, yaitu 0.188, mengindikasikan bahwa meskipun citra merek penting, Kualitas Produk memberikan dampak yang lebih besar dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Kata Kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, Nilai Jasa, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:00 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |