Penerapan Model Project-Based Learning Terintegrasi STEAM untuk Meningkatakan Literasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Karakter Siswa

Mughniyah Mutiakandi, Nur and Supianti, In in (2025) Penerapan Model Project-Based Learning Terintegrasi STEAM untuk Meningkatakan Literasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Karakter Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Tesis PJME (228060010).docx

Download (530kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) karakter siswa yang memperoleh model Project-Based Learning terintegrasi STEAM dan model pembelajaran konvensional; 2) desain model Project-Based Learning terintegrasi STEAM; 3) peningkatan literasi matematis siswa yang memperoleh model Project-Based Learning terintegrasi STEAM dan model pembelajaran konvensional secara keseluruhan dan ditinjau dari karakter siswa; 4) korelasi antara literasi matematis dan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah mix method dengan tipe embedded design, di mana metode kuantitatif melalui kuasi eksperimen disisipkan dengan metode kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian literasi matematis, serta instrumen non tes berupa angket karakter siswa, observasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t, uji ANOVA dua jalur, dan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) karakter siswa yang memperoleh model Project-Based Learning terintegrasi STEAM lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; 2) desain model Project-Based Learning terintegrasi STEAM layak untuk digunanakan; 3) penerapan model Project-based Learning terintegrasi STEAM memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan literasi matematis siswa, peningkatan literasi matematis siswa yang memperoleh model Project-Based Learning terintegrasi STEAM lebih tinggi daripada siswa yang model pembelajaran konvensional, faktor model pembelajaran dan karakter siswa masing-masing memiliki pengaruh signifikan terhadap literasi matematis, tetapi tidak terdapat interaksi signifikan antara keduanya; 4) terdapat korelasi positif yang signifikan antara literasi matematis dan karakter siswa dengan kategori kuat. Kata kunci : Karakter Siswa; Keterampilan Abad 21; Literasi Matematis; Project-Based Learning; STEAM

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:44
Last Modified: 05 Mar 2025 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74707

Actions (login required)

View Item View Item