PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIDANG PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG

Budiarti, Tri (2025) PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BIDANG PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
SUKMA GAYA UMBARA_MM.doc

Download (500kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Kinerja Pegawai di Lingkungan Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Kota Bandung rendah. Hal ini diduga disebabkan oleh kompetensi yang belum dilaksanakan oleh pimpinan secara optimal. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah explantory survey. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dari masing-masing variabel serta menguji pengaruh dari variabel-variabel tersebut. Selain daripada itu metode ini digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, valid dan reliabel dengan tujuan dapat ditemukan, dibuktikan dan dikembangkan suatu pengetahuan sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang administrasi. Metode penelitian dan pendekatan kuantitatif peneliti gunakan, bertujuan untuk melakukan pengujian hipotesis serta untuk melakukan interpretasi secara mendalam. Secara parsial kompetensi melalui karakteristik motif, sifat, konsep diri, pengetahuan dan ketrampilan memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Kota Bandung. Hal tersebut menggambarkan bahwa semua karaketristik kompetensi cukup menentukan terhadap peningkatan kinerja pegawai. Namun secara operasional belum sepenuhnya berjalan secara efektif, sehingga berpengaruh pada kinerja pegawai. Adapun pengaruh karakteristik yang paling besar sampai terkecil adalah motif (0,5%), sifat (16,4%), konsep diri (11,4%), pengetahuan (-0,2%) dan ketrampilan (17,5%). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kompetensi memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Kota Bandung (45,6%). Artinya kompetensi dapat menentukan terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Kota Bandung. Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa kinerja pegawai pada Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Kota Bandung ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh kompetensi semata, tetapi ada variabel lain yang juga ikut mempengaruhi terhadap kinerja pegawai tersebut(54,4%).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 04 Mar 2025 03:57
Last Modified: 04 Mar 2025 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74696

Actions (login required)

View Item View Item