ZIAUL-HAQ, MUHAMMD (2025) ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI RUMAH SAKIT PASUNDAN. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Artikel_Jurnal Muhammad Zia Ul-haq.pdf Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan strategi digital marketing dalam meningkatkan brand awareness Rumah Sakit Pasundan. Sebagai rumah sakit baru di Kota Bandung, Rumah Sakit Pasundan menghadapi tantangan dalam membangun citra di tengah persaingan yang ketat dengan rumah sakit lain yang telah mapan. Digital marketing dipilih sebagai pendekatan strategis untuk memperluas jangkauan pemasaran dengan biaya yang lebih efisien serta memanfaatkan platform digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi digital marketing yang dilakukan oleh Rumah Sakit Pasundan masih belum optimal, terutama dalam aspek keterlibatan audiens melalui media sosial dan penyediaan konten informatif di situs web. Meski demikian, potensi pengembangan terlihat dari sejumlah keunggulan internal, seperti lokasi strategis, fasilitas kesehatan yang memadai, dan akreditasi Paripurna. Melalui analisis SWOT, penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi intensif yang mencakup penguatan konten edukatif pada media sosial, melakukan iklan melalui media digital, optimalisasi fitur digital pada situs web, dan 2 peningkatan kolaborasi dengan komunitas kesehatan. Selain itu, pentingnya pengukuran efektivitas strategi melalui analitik digital juga disoroti sebagai langkah untuk menyesuaikan strategi dengan kebutuhan pasar yang dinamis. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi manajemen Rumah Sakit Pasundan dalam merancang strategi pemasaran digital yang efektif, serta menawarkan perspektif akademik tentang relevansi digital marketing dalam konteks pemasaran layanan kesehatan. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya terkait strategi pemasaran digital di industri kesehatan. Kata Kunci : Digital Marketing, Brand Awareness
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 02:41 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 02:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74602 |
Actions (login required)
View Item |