INTERPRETASI NARASI IKLAN KOMERSIAL STUDI KASUS TAKSI BLUEBIRD DENGAN JUDUL BERBENAH UNTUK BERUBAH DI CHANNEL YOUTUBE

Irwan Budiman, Boy (2024) INTERPRETASI NARASI IKLAN KOMERSIAL STUDI KASUS TAKSI BLUEBIRD DENGAN JUDUL BERBENAH UNTUK BERUBAH DI CHANNEL YOUTUBE. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Tesis_BOY IRWAN_228080026.docx

Download (56kB)

Abstract

Iklan Taksi Blue Bird dalam platform Youtube yang berjudul "Berbenah untuk Berubah" tidak sekadar sebuah aktivitas kampanye pemasaran, melainkan sebuah narasi mendalam tentang perubahan, evolusi, dan ketahanan perusahaan ditengah dinamika zaman. Narasi Iklan ini memfokuskan tema perubahan dan adaptasi dalam konteks bisnis transportasi, menggambarkan Bluebird sebagai perusahaan yang menghadapi kebutuhan untuk berubah demi tetap relevan dalam lingkungan yang cepat berubah. Dengan pendekatan naratif yang kuat, iklan ini menggunakan metafora kapal raksasa dan perahu kecil untuk mengilustrasikan kompleksitas perubahan yang dihadapi oleh perusahaan besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan "Berbenah untuk Berubah" dari Taksi Blue Bird. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan pendekatan analisis naratif, berdasarkan kerangka kerja Gérard Genette. Hasil analisis menunjukkan bahwa tema utama iklan adalah perubahan dan adaptasi perusahaan dalam menghadapi tantangan lingkungan bisnis yang dinamis. Melalui narasi yang kuat dan simbolisme yang digunakan, iklan ini berhasil menangkap esensi perubahan yang dihadapi Blue Bird dan pentingnya mendengarkan kebutuhan pelanggan. Iklan juga berhasil membangun hubungan emosional dengan audiens melalui pendekatan yang jujur dan introspektif, menciptakan citra Bluebird sebagai mitra yang setia dan responsif. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana iklan komersial dapat menjadi alat efektif dalam mengkomunikasikan pesan transformasi dan adaptasi kepada audiens. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan dalam konteks perubahan yang cepat pada industri. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pemahaman teoritis dan praktis dalam bidang komunikasi pemasaran. Kata kunci: Anaslisi Naratif, Iklan Komersial, Gerald Genette, Perubahan Taxi Blue Bird.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 15 Nov 2024 09:02
Last Modified: 15 Nov 2024 09:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74244

Actions (login required)

View Item View Item