PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas IV di SDN 025 Cikutra Bandung)

Nurazqiya, Aulia,205060202 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta didik Kelas IV di SDN 025 Cikutra Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik, hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas yang hanya mencapai 58, maka dari itu peneliti melakuka sebuah penelitain dengan tujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh pada penerapan model problem based learning berbantuan komik digital pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik di kelas IV SDN 025 Cikutra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi ekespermen, sedangkan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas IVA menjadi kelas eksperimen dan di kelas IVB menjadi kelas kontrol, disetiap kelas memiliki 28 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi, untuk teknik analisis yang digunakan adalah quasi eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan terdapat perbedaan dan peningkatan pada hasil pretest dan posttest. Pada pretest di kelas eksperimen rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik sebesar 36,07 sedangkan kelas kontrol hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 39,46. Rata-rata nilai peserta didik meningkat pada posttest, di kelas kontrol rata-rata nilai yang diperoleh hanya sebesar 63,75 sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 74,11. Selain it, peningkatan pada penelitian ini dpat dilihat dari hasil uji N-Gain yang memperoleh nilai sebesar 36,82% pada kelas kontrol dan 58,25% pada kelas eksperimen. Sedangkan untuk pengaruh model ini dapat dilihat dari hasil uji effect size yang memperoleh nilai sebesar 0,61 yang berarti memiliki kategori besar. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahawa selain memiliki pengaruh besar, dengan menerapkan model problem based learning berbantuan komik digital dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman yang dimiliki peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Nov 2024 08:01
Last Modified: 01 Nov 2024 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74147

Actions (login required)

View Item View Item