PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI, RASA INGIN TAHU, TEKUN, TELITI, SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

IKA DEWI KOSASIH, 115060202 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI, RASA INGIN TAHU, TEKUN, TELITI, SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (27kB)
[img] Text
Tampilan depan.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 1234.docx

Download (22kB)

Abstract

Kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran dalam memahami konsep pembelajaran IPS belum mencapai hasil belajar yang ingin dicapai.Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaranDiscovery Learning.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pemahaman kepada siswa kelas IV SD Negeri 1 Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran sehingga dengan mudah dan cepat mereka dapat mengerti tentang materi kenampakan alam sosial budaya pada pelajaran IPS, 2) mengetahui menumbuhkan sikap peduli, rasa ingin tahu, tekun, dan teliti siswa kelas IV SDN 1 CikalongKecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Cikalong Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian yang digunakan yaitu model Spiral Kemmis-Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Cikalong.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes hasil belajar berupa soal pretes, postes, dan LKS, dan lembar angket sikap untuk mengetahui peningkatan sikap peduli, rasa ingin tahu, tekun, dan teliti siswa.Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian.Sedangkan skala angket sikap berisikan pernyataan-pernyataan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan1)Perencanaan pembelajaranmenggunakan model pembelajaranDiscoveryLearning dilaksanakan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman guru dalam pembelajaran,2)kemampuan siswa dalam mendeskripsikan pembelajaran IPS pada materi kenampakan alam sosial budaya di kelas IV SDN 1 Cikalong setelah menerapkan model pembelajaranDiscoveryLearning mengalami peningkatan,3)setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaranDiscoveryLearning pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan, 4) pemahaman konsep pada pembelajaran IPSdapat tercapai sesuai KKM pada siklus II. Dari hasil penelitian pada siklus I hanya 4 dari 23 siswa yang tuntas dalam pembelajaran, dan pada siklus II terdapat 20 siswa yang tuntas (87% dari jumlah siswa). Kata Kunci :Hasil belajar siswa,Sikap Peduli, Rasa Ingin Tahu, Tekun,Teliti belajar siswa, modelDiscovery Learning, Pembelajaran IPS..

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 13:13
Last Modified: 02 Aug 2016 13:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7358

Actions (login required)

View Item View Item