Dika Deristian, 115060109 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.doc Download (33kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.doc Download (34kB) |
|
Text
kata pengantar dan ucapan terimakasih.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II fix.docx Download (459kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
BAB IV fix.docx Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.docx Download (18kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cigumelor dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus 1 yaitu 66,66 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 75. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 56,61, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 70,48. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di kelas IV SDN Cigumelor. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: discovery learning, kerjasama, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 19:18 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 19:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7333 |
Actions (login required)
View Item |