KOMUNIKASI PEMASARAN PAKAIAN BEKAS MELALUI AKUN THRIFTSHOP DI INSTAGRAM

Sugiana, Yoga (2024) KOMUNIKASI PEMASARAN PAKAIAN BEKAS MELALUI AKUN THRIFTSHOP DI INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Thrifting (pakaian bekas) telah menjadi fenomena yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menarik ribuan orang setiap tahunnya. Thrifting memberikan nilai baru dalam dunia fashion dengan menjual pakaian bekas yang memiliki nilai jual tinggi dan dapat diubah (reworked) menjadi barang baru. Fenomena ini dimanfaatkan oleh para penjual thriftshop yang sedang diminati masyarakat, salah satunya adalah @bekaslemariku_. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Bekas Lemariku melalui media sosial Instagram. Objek penelitian ini adalah brand thriftshop Bekas Lemariku, dengan subjek penelitian meliputi pemilik Bekas Lemariku, admin media sosial Instagram Bekas Lemariku, dan konsumen Bekas Lemariku. Penelitian ini menggunakan teori media baru dan konsep The Circular Model of SOME dari Regina Luttrell. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram oleh Bekas Lemariku berhasil karena platform ini mudah digunakan, memiliki jangkauan luas, memfasilitasi interaksi dengan konsumen, dan menyediakan berbagai fitur. Proses berbagi (Share) di Instagram didorong oleh perkembangan alat pemasaran, terutama di kalangan anak muda yang aktif mencari informasi di media sosial. Melalui strategi berbagi ini, Bekas Lemariku berhasil mempersuasi followers dan calon pembeli untuk membeli produknya. Proses manajemen (Manage) dilakukan dengan bantuan admin dan social media dashboard, dengan posting yang dijadwalkan pada pukul 7 malam. Bekas Lemariku juga melibatkan pelanggan melalui giveaway di akun Instagram. Proses optimalisasi dilakukan dengan menyediakan informasi lengkap di bio akun Instagram dan aktif menggunakan seluruh fitur platform. Kendala teknis dan non-teknis, seperti gangguan koneksi dan perubahan algoritma Instagram, diatasi dengan koneksi cadangan, pemantauan algoritma bulanan, dan peningkatan teknologi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang strategi yang berhasil digunakan oleh Bekas Lemariku dalam memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran yang efektif. Kata kunci: Pemasaran Media Sosial, Instagram, Thrifting, Bekas Lemariku

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:54
Last Modified: 15 Oct 2024 01:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72531

Actions (login required)

View Item View Item