The Role and Evaluation of ChatGPT as a Virtual Tutor in Improving Students' Creative and Critical Abilities Reviewed from Probing-Prompting Abilities

Zein, Syahrul and Yaniawati, R. Poppy and Mudrikah, Achmad (2024) The Role and Evaluation of ChatGPT as a Virtual Tutor in Improving Students' Creative and Critical Abilities Reviewed from Probing-Prompting Abilities. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Template-Kreano-2024[1].docx

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap potensi ChatGPT dalam mendukung pembelajaran matematika siswa. Namun, hasil penelitian juga menunjukkan adanya tantangan dalam pemanfaatan ChatGPT, seperti kualitas jawaban yang tidak selalu konsisten dan potensi ketergantungan siswa pada teknologi. Hal ini mengindikasikan perlunya pendekatan yang lebih holistik dalam integrasi ChatGPT ke dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan ChatGPT dalam menjawab soal-soal PKPM, menganalisis kemampuan prompting siswa dengan ChatGPT, mengevaluasi penggunaan ChatGPT serta mengukur seberapa besar peningkatan kemampuan kreatif dan kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan Mixed Method tipe Embedded Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA yang mengikuti Bimbel Tridaya 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sample yang dipilih adalah seluruh siswa kelas XII SMA Bimbel Tridaya sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis yaitu soal pilihan ganda dan studi dokumentasi tangkap layar hasil jawaban ChatGPT. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai thit untuk mengukur kemampuan kreatif dan kritis adalah 6,691 dan 7,151. Karena thit > ttab, maka didapat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai tes yang diperoleh sebelum dan sesudah diberikan treatment. Ini menunjukkan bahwa instruksi yang diberikan kepada siswa dapat meningkatkan nilai tes mereka. ChatGPT dapat membantu siswa dalam pembelajaran sebagai tutor virtual. Akan tetapi, perlu jadi perhatian juga karena tidak semua pertanyaan dapat terjawab semua bahkan ada beberapa yang memiliki jawaban yang berbeda. Ini menjadikan para siswa tidak puas akan hasil yang diperoleh. Disinilah siswa dilatih pemikirian kritisnya mengapa hal itu bisa terjadi. Selain itu, teknik prompting siswa terhadap ChatGPT juga diperhatikan. Perlunya kreativitas dalam prompting agar siswa dapat lebih mengeksplor jawaban dari ChatGPT. Meskipun dapat menjawab pertanyaan apapun, pada akhirnya perlu ada bimbingan dari guru dan juga verifikasi secara mandiri terkait jawaban yang telah diberikan oleh ChatGPT agar jawaban yang diinginkan sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 12 Oct 2024 06:22
Last Modified: 12 Oct 2024 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72495

Actions (login required)

View Item View Item