Giffari Ihsan, 205010003 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Quasi Eksperimen di SMA Negeri 1 Ciparay). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. COVER.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN DOSEN PEMBIMBING DAN PENGUJI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK .pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji hubungan sebab-akibat dari penggunaan media evaluasi Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Ciparay dengan populasi kelas X dan sampel kelas X-3 sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelompok kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian “non equivalent control group pre-test and post-test”. Masalah yang diteliti yaitu hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media evaluasi berbasis teknologi digital kuis Kahoot. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tulis pretest dan postest dan non tes yaitu berupa angket. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kelas kontrol. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji one sampel t test dengan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diartikan bahwa dalam proses pembelajarannya penggunaan media evaluasi Kahoot mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X. Pengaruh penggunaan media evaluasi Kahoot di SMA Negeri 1 Ciparay menunjukkan kualifikasi yang baik dengan nilai diatas 3,00 hal ini berdasarkan rata-rata nilai skor jawaban responden yang artinya peserta didik secara umum menyukai aplikasi Kahoot, karena peserta didik dapat lebih aktif dan menumbuhkan semangat belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kahoot, Media Evaluasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72239 |
Actions (login required)
View Item |