Widatama, Adli Putra (2024) FENOMENA KONTEN TIKTOK PANDAWARA GROUP MENGENAI KAMPANYE KEBERSIHAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Kota Bandung menjadi sejarah awal bagi sekumpulan anak muda yang diberi nama Padawara Group yang saat ini tengah viral dalam melakukan aksinya membersihkan lingkungan. kelompok terdiri dari lima anak muda yakni Gilang, Rifqi, Agung, Ikhsan, dan Raflyi. Aksi mereka adalah membersihkan sampah yang menumpuk di sungai serta pesisir pantai diwilayah Indonesia. Video kegiatan bersih- bersih sungai mereka unggah di media sosial seperti TikTok. Aksi lima anak muda dari Bandung yang diunggah ke sosial media ini pun tuai sorotan masyarakat. Banyak masyarakat yang memberikan komentar positif dan memberikan semangat atas aksi yang mereka lakukan. Bahkan banyak publik figur ikut merespon dengan adanya fenomena ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Fenomena Konten Tiktok Pandawara Group Mengenai Kampanye Kebersihan Lingkungan yang diunggah disosial media Tiktok @pandawaragroup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan motif, tindakan dan makna serta analisis masalah pada fenomena konten Tiktok Pandawara tentang kebersihan lingkungan melalui media sosial Tiktok. Pandawara melihat keresahan yang terjadi lingkungan sekitar, karena menumpuknya sampah disungai, menyebabkan sering terjadinya banjir. Identifikasi Segementasi Sasaran yang dilakukan Pandawara ditujukan untuk seluruh elemen masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Pandawara memiliki tujuan dalam aksi kampanyenya yaitu ingin target sasaran mereka anak muda milenial serta seluruh masyarakat yang melihat aksi kegiatan mereka, mengikuti aksi yang mereka lakukan tanpa disuruh kembali. Pandawara dalam penentuan pesan menghindari pesan kampanye kebersihan lingkungan yang sudah biasa, diawal mulanya kampanye ini bergerak yang terinspirasi dari tag line salah satu brand olahraga yaitu Red Bull mengatakan bahwa “Boys don’t talk”, yang menurut mereka laki-laki tidak usah bicara tapi bertindak. Kata Kunci : Fenomena, Tiktok, Kampanye, Kebersihan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:02 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72224 |
Actions (login required)
View Item |