KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG

Afghani, Muhammad Zairofi (2024) KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Akta kelahiran merupakan dokumen resmi yang mencatat peristiwa kelahiran seseorang. Isi dari akta kelahiran biasanya mencakup informasi tentang tanggal, tempat, dan waktu kelahiran seseorang, serta nama orang tua atau wali dari anak yang lahir tersebut. Akta kelahiran memiliki peran penting dalam administrasi pemerintahan, identifikasi personal, dan akses terhadap layanan publik seperti pendidikan, pelayanan kesehatan, dan hak-hak sipil lainnya. Dokumen ini dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di suatu negara atau wilayah . Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung menjadi lembaga yang bertanggung jawab dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan berbagai permasalahan yang ditemukan mengenai Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan metode triangulasi teknik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan dinilai dengan kelima dimensi kualitas pelayanan dari teori yang dikemukakan oleh Zeithaml, Parasuraman, dan Berry (1990) yaitu model SERVQUAL (Service Quality) bahwa hasil penelitian ini dapat dikatakan Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung secara keseluruhan sudah cukup optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Namun untuk terus meningkatkan Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung perlu terus dilakukan evaluasi secara mendalam dan berupaya untuk menemukan solusi, Agar pelaksanaan kualitas pelayanan publik bidang pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KotaBandung dapat berjalan dengan optimal, beberapa upaya telah dilakukan. Dalamdimensi Tangible, langkah diambil dengan melakukan maintenance rutin terhadap sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti komputer dan jaringan internet,serta melakukan penganggaran untuk meningkatkan fasilitas pada ruang tunggu pelayanan. Sementara itu terutama perihal sikap pegawai pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Akta Kelahiran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:35
Last Modified: 07 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72199

Actions (login required)

View Item View Item