KUALITAS PELAYANAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KARAWANG

Qolbi, Aghny Anjali (2024) KUALITAS PELAYANAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sampah menjadi masalah penting, terutama di Kabupaten Karawang dengan pertumbuhan populasi yang pesat. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang sebagai bagian dari pemerintah daerah, bertanggungjawab terhadap kualitas pelayanan pengelolaan sampah, namun pelayanan yang dilakukan belum optimal. Sistem pengelolaan sampah yang ada, yang sebagian besar masih bersifat tradisional, belum mampu mengatasi masalah peningkatan volume sampah yang terus bertambah setiap tahunnya. Tidak adanya partisipasi masyarakat dalam memilah dan mengelola sampah secara mandiri memperparah situasi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori kualitas pelayanan SERVQUAL yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry dalam Hardiyansyah (2018). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengelolaan sampah di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang sudah berjalan optimal, namun masih ada beberapa hambatan yang muncul. Pada dimensi bukti fisik, masih ditemukan keterbatasan dalam sarana dan prasarana seperti jumlah armada pengangkut sampah yang tidak memadai. Dimensi daya tanggap sudah menunjukkan bahwa respon petugas terhadap keluhan masyarakat sudah cepat tanggap. Keandalan pelayanan sudah memenuhi harapan, terlihat dari konsistennya jadwal pengangkutan sampah. Pada dimensi empati, meskipun petugas menunjukkan sikap yang sopan, tingkat kepedulian terhadap kebutuhan spesifik masyarakat terkait pemilahan sampah masih rendah. Terakhir, pada dimensi jaminan, meskipun petugas memiliki pengetahuan yang memadai, kurangnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemilahan dan daur ulang sampah menyebabkan partisipasi publik tetap rendah. Selain itu, hambatan yang muncul yaitu kurangnya anggaran serta kurangnya koordinasi antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang dengan dinas lainnya. Kata Kunci: kualitas pelayanan, pengelolaan sampah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Oct 2024 01:43
Last Modified: 05 Oct 2024 01:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72135

Actions (login required)

View Item View Item