KONDISI PSIKOSOSIAL ANAK TUNARUNGU ( STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CILEUNYI )

Kurniasari, Tarisha (2024) KONDISI PSIKOSOSIAL ANAK TUNARUNGU ( STUDI KASUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CILEUNYI ). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKIRIPSI TARISHA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKIRIPSI TARISHA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKIRIPSI TARISHA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKIRPSI TARISHA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKIRIPSI TARISHA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI TARISHA.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian ini melalui studi kasus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Cileunyi yang membahas tentang Kondisi Psikososial Anak Tunarungu. Kondisi Psikososial merupakan suatu hubungan yang dinamis antara efek Psikis dan Sosial, yang mana masing-masing saling mempengaruhi. Aspek-aspek psikis mencakup emosi percaya diri, emosi sedih dan emosi cemas, sementara itu aspek sosial mencakup relasi sosial antara anak tunarungu dengan teman dan guru di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1.) untuk mengetahui bagaimana kondisi psikis Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. 2.) untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Metode penelitian kualitatif adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang dikumpulkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Studi Kasus adalah suatu penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mempelajari karakteristik khas dari penilaian personal secara mendalam, atau penelitian tentang suatu subyek penelitian yang berakenaan dengan fase spesifik atau sesuatu yang khas dari seseorang. Populasi dalam penelitian ini adalah Anak Tunarungu (siswa SMA) di Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. Jumlah populasinya adalah sebanyak 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Informan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi psikis Anak Tunarungu menjadi terganggu dikarenakan kemiskinan bahasa yang dimilikinya sehingga bereaksi terhadap kondisi sosialnya yang menyebabkan Anak Tunarungu menjadi sulit untuk berinteraksi dengan dunia luar karena mereka sulit untuk menyesuaikan diri.Dapat disimpulkan bahwa kesulitan komunikasi pada Anak Tunarungu tidak bisa dihindari. Mereka membutuhkan pembinaan dan pemahaman dari orang-orang disekelilingnya baik itu dari guru teman maupun keluarga. Rasa Empati dibutuhkan untuk mengurangi tekanan psikis yang mempengaruhi kepercayaan diri, aktualisasi diri bahkan masa depannya dan tekanan sosial yang mempengaruhi relasi dengan orang-orang disekelilingnya, sehingga kendala-kendala tersebut tidak menghambat perkembangan pribadinya. Kata Kunci: Psikososial, Emosi, Anak Tunarunggu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:24
Last Modified: 04 Oct 2024 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72112

Actions (login required)

View Item View Item