Putra, Bimo Kusuma (2024) PENGARUH KONTEN AKUN TIKTOK @ASAHPOLAPIKIR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BISNIS PENGIKUT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) |
||
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (124kB) |
||
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (130kB) |
||
Text
COVER (1).pdf Download (252kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat salah satu contohnya yaitu TikTok. Dengan banyaknya pengguna TikTok, banyak influencer yang memanfaatkan media ini sebagai lahan berbagi ilmu seperti @asahpolapikir yang memberikan edukasi seputar bisnis kepada pengikutnya agar lebih paham terhadap bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten kreatif akun TikTok @asahPolaPikir terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengikutnya dengan indikator konten kreatif. Teori yang digunakan adalah teori yang dikembangkan oleh Robert S Taylor yaitu teori kebutuhan informasi dan sistem. Penelitian dilakukan menggunakan teknik systematic sampling melalui kuesioner 123 responden pengikut akun TikTok @asahpolapikir. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dan hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji F. Serta Uji asumsi klasik berupa Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas. Berdasarkan hasil uji menggunakan SPSS Ver.29, diperoleh bahwa pada nilai uji T dengan nilai hasil secara parsial pengaruh Konten Akun TikTok @asahpolapikir yang terdiri dari tiga indikator konten kreatif yang dapat meliputi sebagai berikut : Kualitas Konten (X1) berpengaruh signifikan sebesar (2,016 > 1,980), Relevansi Konten (X2) berpengaruh secara siginifikan sebesar (3,387 > 1,980), dan Aksesibilitas Konten (X3) berpengaruh secara signifikan yakni sebesar (5,005 > 1,980). Selain itu, diperoleh nilai pada uji F sebesar (23,752 > 2,68), dengan koefisensi determinasi sebesar 35,5% sementara 64,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Sosial, Konten Kreatif, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Tiktok @asahpolapikir
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 07:01 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72100 |
Actions (login required)
View Item |