PENGARUH KONTEN AKUN TIKTOK @ASAHPOLAPIKIR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BISNIS PENGIKUT

Putra, Bimo Kusuma (2024) PENGARUH KONTEN AKUN TIKTOK @ASAHPOLAPIKIR TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BISNIS PENGIKUT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (130kB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat salah satu contohnya yaitu TikTok. Dengan banyaknya pengguna TikTok, banyak influencer yang memanfaatkan media ini sebagai lahan berbagi ilmu seperti @asahpolapikir yang memberikan edukasi seputar bisnis kepada pengikutnya agar lebih paham terhadap bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten kreatif akun TikTok @asahPolaPikir terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pengikutnya dengan indikator konten kreatif. Teori yang digunakan adalah teori yang dikembangkan oleh Robert S Taylor yaitu teori kebutuhan informasi dan sistem. Penelitian dilakukan menggunakan teknik systematic sampling melalui kuesioner 123 responden pengikut akun TikTok @asahpolapikir. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dan hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji T dan Uji F. Serta Uji asumsi klasik berupa Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas. Berdasarkan hasil uji menggunakan SPSS Ver.29, diperoleh bahwa pada nilai uji T dengan nilai hasil secara parsial pengaruh Konten Akun TikTok @asahpolapikir yang terdiri dari tiga indikator konten kreatif yang dapat meliputi sebagai berikut : Kualitas Konten (X1) berpengaruh signifikan sebesar (2,016 > 1,980), Relevansi Konten (X2) berpengaruh secara siginifikan sebesar (3,387 > 1,980), dan Aksesibilitas Konten (X3) berpengaruh secara signifikan yakni sebesar (5,005 > 1,980). Selain itu, diperoleh nilai pada uji F sebesar (23,752 > 2,68), dengan koefisensi determinasi sebesar 35,5% sementara 64,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Media Sosial, Konten Kreatif, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Tiktok @asahpolapikir

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:01
Last Modified: 04 Oct 2024 07:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72100

Actions (login required)

View Item View Item