Diway, Tsania Ibnaty (2024) KOHESIVITAS SOSIAL SISWA DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NUGRAHA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
COVER SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK 3 BAHASA SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SKRIPSI TSANIA IBNATY DIWAY-202020088.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Di masa ini pendidikan karakter sangatlah penting untuk diajarkan kepada para siswa terkhusus siswa SMP karena pada jenjang inilah seorang anak mulai membentuk karakternya, pembentukan karakter dapat terjadi karena faktor lingkungan dimana seseorang tinggal maupun beraktifitas. Lingkungan yang baik dan bermoral akan membentuk karakter seseorang pun baik dan bermoral, namun sebaliknya jika lingkungan kurang baik dan tidak mengataskan nilai-nilai dalam kehidupan maka akan terbentuk karakter seseorang yang cenderung kurang baik. Pendidikan karakter yang dilakukan di lingkungan sekolah bertujuan untuk membentuk karakter siswa menjadi individu yang berakhlak mulia, mandiri, bertanggung jawab, disiplin dan menerapkan nilai-nilai kebaikan dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Pendidikan karakter dapat menjadi upaya yang dilakukan sekolah untuk meminimalisir perilaku siswa yang melenceng dari norma-norma serta aturan sebagai pelajar sehingga para siswa akan memiliki sikap yang baik dan terpuji seperti menghormati orang yang lebih dewasa, menghargai teman sebaya dan mengayomi orang yang lebih muda dan akan terbiasa ersikap sopan kepada siapapun. Pendidikan karakter yang dilakukan tentunya sangat membutuhkan dukungan baik dari para siswanya sebagai kelompok yang berperan besar dalam implementasinya. Kohesivitas sosial siswa dibutuhkan karena para siswa berada dalam lingkungan yang sama dan mempunyai daya tarik antar individu untuk berada dalam tujuan yang sama yaitu mendukung terlaksananya pendidikan karakter di sekolah. Siswa yang mengajak dan merangkul temannya untuk bersama-sama melaksanakan pendidikan karakter juga sudah merupakan bentuk dukungan. Tetapi tidak hanya dukungan dari kelompok siswa, pelaksanaan pendidikan karakter juga membutuhkan dukungan dari semua pihak sekolah seperti peran penting para guru. Guru menjadi contoh para siswa di sekolah oleh karena itu para guru harus ikut mendukung terlaksananya pendidikan karakter tersebut. Para guru dapat mengajarkan mengenai pendidikan karakter dan terlibat langsung dalam pelaksanaannya. Karena dengan dukungan yang dilakukan oleh kelompok siswa dan para guru serta pihak sekolah maka pendidikan karakter akan berhasil dilaksanakan dan membuat nama sekolah menjadi baik dan terpandang berhasil membuat para siswanya mempunyai karakter yang unggul. Kata Kunci: Kohesivitas Sosial Siswa, Dukungan, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:37 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72031 |
Actions (login required)
View Item |