PERSEPSI MASYARAKAT GENERASI Z PADA AKUN INSTAGRAM PEMERINTAH KABUPATEN SUBANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI

Barokah, Yayang Sandi Hadi (2024) PERSEPSI MASYARAKAT GENERASI Z PADA AKUN INSTAGRAM PEMERINTAH KABUPATEN SUBANG SEBAGAI MEDIA INFORMASI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
7_BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persepsi Masyarakat Generasi Z Pada Akun Instagram Pemerintah Kabupaten Subang Sebagai Media Informasi” (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Masyarakat Generasi Z Kota Subang Mengenai Akun Instagram @pemkabsubang Sebagai Media Informasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sensasi, atensi dan interpretasi masyarakat generasi Z Subang terhadap akun Instagram Pemerintah Kabupaten Subang sebagai media informasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori persepsi dari Kenneth K. Sereno dan Edward M. Bodaken, yang terdiri dari tiga inti pembahasan, yaitu sensasi, atensi, dan interpretasi masyarakat generasi Z terhadap akun Instagram @pemkabsubang sebagai media informasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, asumsi negatif yang mengatakan bahwa akun media sosial pemerintahan kaku, monoton, dan tidak menarik memang ada, namun asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar atau hanya sebagian yang benar. Meskipun asumsi negatif ini tidak sepenuhnya benar, hal tersebut masih berpengaruh pada efektivitas penyampaian informasi akun Instagram @pemkabsubang kepada masyarakat generasi Z Kota Subang. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa akun tersebut belum efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat generasi Z Kota Subang. Selanjutnya, peneliti memperoleh data yang menunjukkan bahwa meskipun akun tersebut belum efektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat generasi Z di Kota Subang, keberadaan akun tersebut disambut positif karena memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat Subang secara keseluruhan. Menurut data yang diperoleh, akun tersebut masih dianggap efektif untuk masyarakat umum di Kota Subang. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Generasi Z, Media Informasi, Instagram

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:45
Last Modified: 02 Oct 2024 08:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71127

Actions (login required)

View Item View Item