PENERAPAN SIMBOLIK REPRESENTASI PADA SISTEM PERNAPASAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS

MUZAENI, SALSABILA NURUL SYA’BANIAH, 205040089 (2024) PENERAPAN SIMBOLIK REPRESENTASI PADA SISTEM PERNAPASAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi berkembang dengan pesat seiring dengan perkembangan zaman saat ini. Pada dunia Pendidikan juga teknologi sudah berkembang salah satunya pada proses pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran, dalam penggunaan media pembelajaran harus lebih kreatif dan inovatif. Kurangnya visualisasi pada materi dapat menyebabkan peserta didik kesulitan memahami materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experimental Designs dengan bentuk One Group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu XI IPA SMAN 2 Cianjur dengan menggunakan sampel kelas XI Biologi 6 yang diambil secara Purposive. Berdasarkan data penelitian, setelah proses pembelajaran hasil posttest meningkat, menunjukan nilai rata-rata 98,71. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan simbolik representasi pada sistem pernapasan berbantuan Augmented Reality dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mendapat respon yang baik oleh peserta didik. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Multimedia Interaktif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:22
Last Modified: 30 Sep 2024 06:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70900

Actions (login required)

View Item View Item