IRMA RISMAYANTI, 115060064 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DI INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (49kB) |
|
Text
lembr pngsahan.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
motto.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
abstrac englis.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
Halaman.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (258kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
Text
BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
Bab V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA JADI.docx Download (15kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Cibacang Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat dalam pelajaran IPS masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar peserta didik tidak terlepas dari kurangnya keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan seringnya menggunakan metode ceramah, hal ini menjadikan menurunnya hasil belajar siswa, sehingga menjadikan prestasi hasil belajar peserta didik belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahan masalah karena model pembelajaran ini merupakan salah satu model pembelajaran yang lebih mengutamakan adanya kerja sama antar peserta didik. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang berlangsung dalam II siklus penelitian yang meliputi empat langkah inti dalam setiap siklusnya yaitu Perencanaaan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Pengamatan (Observing), Refleksi (Refecting). Serta menggunakan instrumen penelitian berupa (LKS), lembar evaluasi, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, keterlaksanaan RPP, dan pelaksanaan pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan sikap toleransi dan hasil belajar setelah menggunakan model Cooperative Learning Type Jigsaw dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa di Indonesia. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning Type Jigsaw menambah pengalaman baru karena dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat. Sesuai dengan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan, penerapan model Cooperative Learning Type Jigsaw efektif dalam meningkatkan sikap toleransi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS hal ini terlihat dari hasil belajar meningkatnya nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 65,00 dengan ketuntasan belajar mencapai 58,82% dan siklus II nilai rata-rata kelas lebih meningkat menjadi 77,64 dengan ketuntasan belajar 82,35%. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Type Jigsaw, Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 13:40 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 13:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7088 |
Actions (login required)
View Item |