KORELASI LAMA PERENDAMAN PADA SUHU EKSTRAKSI YANG BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN VITAMIN C, NILAI PH DAN SIFAT ORGANOLEPTIK PRODUK INFUSED WATER MULMINT (BLACK MULBERRY, LEMON, & DAUN MINT)

Anjani Maulidya, Vania and Tantan Widiantara, DS (2024) KORELASI LAMA PERENDAMAN PADA SUHU EKSTRAKSI YANG BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN VITAMIN C, NILAI PH DAN SIFAT ORGANOLEPTIK PRODUK INFUSED WATER MULMINT (BLACK MULBERRY, LEMON, & DAUN MINT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Vania Anjani M_203020039_Teknologi Pangan.pdf

Download (776kB)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Setiap orang memerlukan air untuk hidup. Setiap hari, tubuh kita membutuhkan sekitar 2 hingga 2,5 liter air setiap hari, atau sekitar 8 hingga 10 gelas. Namun, menurut informasi dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022, sekitar 3,28% rumah tangga di Indonesia mengalami kekurangan minum. Infused water adalah alternatif minuman untuk menjaga keseimbangan cairan, infused water merupakan air minum yang telah diseduh dengan potongan buah, sayuran, atau rempah-rempah. Pada penelitian ini pembuatan produk infused water mulmint menggunakan kombinasi beberapa buah yaitu Black Mulberry, lemon, dan daun mint. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mempelajari korelasi lama perendaman pada suhu ekstraksi yang berbeda terhadap kandungan kandungan vitamin C, nilai pH, dan sifat organoleptik produk infused water mulmint (Black Mulberry, lemon, daun mint). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Respon pada penelitian ini yaitu respon kimia dan respon organoleptik. Respon kimia meliputi Kandungan Vitamin C dan Nilai pH. Respon organoleptik meliputi warna, aroma, rasa dan Aftertaste. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman pada suhu ekstraksi yang berbeda berkorelasi terhadap kandungan vitamin C, nilai pH dan sifat organoleptik infused water mulmint. Kata kunci : infused water, black mulberry, lemon, daun mint, lama perendaman, suhu ekstraksi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:33
Last Modified: 27 Sep 2024 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70732

Actions (login required)

View Item View Item