STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL KOTA BANDUNG DALAM MENANGANI KASUS PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DI KECAMATAN BATUNUNGGAL

Zhiaulhaq, Muhammad Fadhli (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL KOTA BANDUNG DALAM MENANGANI KASUS PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DI KECAMATAN BATUNUNGGAL. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN

Download (171kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI

Download (849kB)
[img] Text
9. BAB 1

Download (261kB)
[img] Text
1. COVER

Download (117kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR

Download (538kB)
[img] Text
4. ABSTRAK 3 BAHASA

Download (280kB)
[img] Text
10. BAB 2

Download (343kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA

Download (439kB)

Abstract

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) merupakan individu atau kelompok yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka, sehingga mereka memerlukan bantuan dari pemerintah atau lembaga sosial. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Dinas Sosial Kota Bandung Dalam Menangani Kasus Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Di Kecamatan Batununggal”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Sosial Kota Bandung dalam menangani kasus penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kecamatan Batununggal. Penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain melalui teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa Dinas Sosial Kota Bandung menjalankan strategi penanganan masalah kesejahteraan sosial melalui penelitian awal yang dimulai dari pelaporan atau pengaduan yang diterima dari masyarakat melalui kewilayahan. Dinas Sosial akan mengambil langkah lebih lanjut jika masalah tersebut sudah tidak bisa ditangani oleh pihak kewilayahan. Pada tahap perencanaan, Dinas Sosial mengadakan case conference dengan melibatkan pihak kewilayahan, potensi sumber kesejahteraan sosial, dan pelapor untuk menggali informasi lebih lanjut. Penanganan selanjutnya dilakukan melalui asesmen, pendekatan, dan pemahaman kebutuhan klien, yang diikuti dengan penerbitan surat DTKS untuk memberikan informasi serta penyuluhan kepada klien. Evaluasi dilakukan dalam dua tahap: pembahasan kasus internal dan pembaruan progres kepada klien dan pihak terkait. Selain itu, Dinas Sosial juga memperbarui informasi dan memberikan pelatihan kepada pekerja sosial untuk meningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Dinas Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:52
Last Modified: 26 Sep 2024 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70619

Actions (login required)

View Item View Item