Septyaningsih, Nabila (2024) MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA PANTAI SANTUY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
lembar pengesahan .pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
kata pengantar.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (807kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini yang berjudul "MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISITA SANTUY BEACH MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM" (Studi Deskriptif Kualitatif Model Komunikasi Pemasaran Pada Akun Instagram @santuy_beach). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Model Komunikasi Pemasaran Santuy Beach melalui media sosial Instagram dilihat dari 5 proses AISAS Model yaitu: Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Search (pencarian), Action (Aksi), Share (Berbagi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan AISAS Model dari Dentsu. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini melibatkan total 10 informan (Pengelola Santuy Beach, Pemegang Media Sosial Instagram Santuy Beach, dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unpas, Wisatawan atau Pengunjung dan followers Santuy Beach). Hasil penelitian yang didapatkan mengenai Model Komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh Santuy Beach pada media sosial Instagramnya, 1). Model komunikasi pemasaran melalui attention, Santuy Beach menggunakan berbagai cara untuk menarik perhatian calon wisatawan, seperti memposting foto dan video di Instagram, termasuk menggunakan fitur yang tersedia seperti story, feeds, dan reels. Dapat disimpulkan bahwa attention yang dilakukan oleh Santuy Beach melalui media sosial Instagram berhasil menarik perhatian calon wisatawan. 2). Model komunikasi pemasaran melalui interest, Santuy Beach menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan ketertarik calon wisatawan seperti membuat konten yang menarik baik foto maupun video, posting dengan konsisten dan menggunakan bantuan influencer untuk mendapatkan ketertarik. Dapat disimpulkan bahwa interest yang dilakukan oleh Santuy Beach melalui media sosial Instagram berhasil mendapat ketertarikan calon iv wisatawan. 3). Model komunikasi pemasaran melalui Search, Santuy Beach berusaha memenuhi kebutuhan informasi melalui media sosial Instagram dengan memberikan informasi seperti harga tiket masuk, jam operasional, alamat lengkap, dan juga menu-menu yang ada di kafe tersebut. 4). Model komunikasi pemasaran melalui action, Santuy Beach berusaha memberikan pelayanan yang baik agar wisatawa memiliki pengalaman yang baik dan menyenangkan selama berlibur di Santuy Beach. Keberhasilan dalam tahap attention, interest dan share terlihat dari respons positif dari wisatawan yang sudah berkunjung. 5). Model komunikasi pemasaran melalui share, Santuy Beach mendorong wisatawan untuk membagikan pengalamannya melalui media sosial Instagram milik pribadinya dan secara langsung dengan memberikan pelayanan terbaik atau mengadakan giveaway diwaktu tertentu bagi wisatawan yang membagikan pengalaman mereka di Instagram. Kata Kunci : Model Komunikasi, AISAS Model, Instagram, Santuy Beach.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 06:45 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70596 |
Actions (login required)
View Item |