KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN ( SKCK ) DI KEPOLISIAN RESOR KOTA (POLRESTA) BANDUNG

Ayu Wahyuni, Wika (2024) KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN ( SKCK ) DI KEPOLISIAN RESOR KOTA (POLRESTA) BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal wika.docx

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
REVISI TESIS FINAL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Satuan Intelkam yang merupakan bagian dari Kepolisian Resor Kota Bandung adalah lembaga pelayanan publik yang melaksanakan pelayanan mengenai pelayanan permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), harus memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan atau masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pada pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian di POLRESTA Bandung, mengetahui Faktor apa saja yang menghambat kualitas pada pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian di POLRESTA Bandung dapat berjalan dengan optimal dan kualitas pelayanan public dapat diverifikasi dengan memperhatikan indikator Tangible (wujud fisik tampak), Realiability (Kemampuan dan kehandalan), Responsiveness (kesanggupan dan keinginan), Assurance (jaminan), dan Empathy (ikut merasakan) indikator Tangible (berwujud), Realiability (kehandalan), Responsiveness (Respon/ketanggapan), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati) sudah efektif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode studi kasus. Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa Aspek penilaian positif pemohon terhadap pelayanan, penghargaan eksternal, identifikasi peluang dan kendala, serta verifikasi kualitas dengan indikator layanan, prinsip keadilan, dan pelatihan terhadap petugas juga menjadi sorotan. Terdapat sejumlah faktor, termasuk aspek teknis, operasional, penerapan teknologi, serta upaya dan solusi yang diterapkan oleh anggota pelaksana, yang mempengaruhi kualitas pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di POLRESTA Bandung. Evaluasi dari perspektif pemohon SKCK memberikan gambaran positif, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik yang dilakukan sudah efektif, terbukti dari penilaian sangat baik, data survei kepuasan masyarakat, dan penghargaan dari lembaga eksternal. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, SKCK

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:25
Last Modified: 25 Sep 2024 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70586

Actions (login required)

View Item View Item