Ikhsan, Raisya Muhammad (2024) KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM GAME ONLINE GENSHIN IMPACT (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Komunikasi Virtual Pemain Genshin Impact Dalam Membentuk Kerja Sama Tim Pada Konten Weekly Boss Menggunakan Komunikasi Verbal dan Nonverbal). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Lembar Pengesahan - 202050235.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka - 202050235.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar - 202050235.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak - 202050235.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi - 202050235.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Cover - 202050235.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 - 202050235.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 - 202050235.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian “Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Game Online Genshin Impact (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Komunikasi Virtual Pemain Genshin Impact Dalam Membentuk Kerja Sama Tim Pada Konten Weekly Boss Menggunakan Komunikasi Verbal Dan Nonverbal)” memiliki tujuan untuk mengetahui komunikasi verbal dan nonverbal yang terjadi dalam membentuk taktik bermain pada konten Weekly Boss dalam game Genshin Impact melalui unsur komunikasi verbal yakni kata dan bahasa; dan fungsi komunikasi nonverbal yakni repetisi, substitusi, kontradiksi, komplemen, dan aksentuasi. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Media Baru menurut Pierre Levy. Teori utama yang digunakan dalam penelitian adalah unsur dalam komunikasi verbal menurut Prof. Dr. H. Hafied Cangara berupa kata dan bahasa, dan fungsi kode nonverbal dalam berkomunikasi menurut Mark Knapp yakni repetisi, substitusi, kontradiksi, komplemen, dan aksentuasi. Subjek pada penelitian ini adalah pemain Game Online Genshin Impact. Objek atau fokus penelitian pada penelitian ini yaitu aktivitas komunikasi verbal dan nonverbal pada Game Online Genshin Impact. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat saluran komunikasi verbal dalam bentuk fitur Obrolan (In-Game Chat) dan Discord, dan terdapat saluran komunikasi nonverbal dalam bentuk emotikon bergambar wajah karakter dan perilaku pemain yang divisualisasikan melalui karakter yang ditampilkan pada layar perangkat. Sedangkan bentuk komunikasi verbal berupa kata-kata seperti mabar, skill, ultimate, role, DPS, Support, Buff, Healer, Heal, Party, AFK, Build, Lock, Health Bar, Trolling, dan Timing serta bahasa yang digunakan yakni bahasa Indonesia. Bentuk komunikasi nonverbal berupa emotikon wajah atau lewat visual seperti aksi lompat-lompat, berlari, menyerang, pemilihan karakter berdasarkan role, centang hijau, AFK, dan spam stiker. Kata Kunci : komunikasi verbal, komunikasi nonverbal, game online.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:03 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70518 |
Actions (login required)
View Item |