Zain, Irfan Yusran (2024) POLA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI SISWA DAN GURU TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
3. abstrak 3 bahasa.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
11. Kata Pengantar.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
12. Daftar Isi.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Penyandang tunarungu merupakan kondisi seseorang yang kehilangan pendengarannya. Hal ini berdampak luas dan kompleks dalam segala aspek kehidupan salah satunya Pendidikan. Bagi mereka, sosok guru merupakan penunjang menuju keberhasilan dalam menempuh perkembangannya. Proses tersebut menuntut guru untuk memiliki strategi dalam mewujudkan sistem Pendidikan yang bermutu salah satunya komunikasi interpersonal digunakan oleh guru pada siswa penyandang tunarungu. Penelitian ini menggunkana penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diminati dilapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Menggunakan teori interaksi simbolik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi Teknik uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SLBN Dharma Wanita Kota Bogor. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Karena SLBN Dharma Wanita Kota Bogor memiliki prestasi tidak hanya akademik, SLBN Dharma Wanita Kota Bogor meraih juara umum Angklung Fest 2023. Dengan adanya prestasi non akademik maka peneliti tertarik meneliti pola komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa pada saat pembelajaran dan sosial. Hasil penelitian ini adalah bahwa analisis mengenai komunikasi interpersonal guru pada siswa tunarungu menggunakann Metode Maternal Reflektif (MMR) dan guru menggunakan Teknik Teacher Learning Centered (TLC). Rata – rata guru telah memenuhi standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yang berkompeten sehingga terdapat pengaruh positif yang tentunya kompetensi tersebut memiliki peranan penting dalam perkembangan siswa dan mempengaruhi kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Terlihat dari sekolah yang telah berhasil mencetak siswa – siswa yang berprestasi bahkan siap untuk masuk ke dunia kerja. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kompetensi Guru, Siswa Tunarungu, Interaksi Simbolik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 04:56 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 04:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70458 |
Actions (login required)
View Item |