EVALUASI RUANG PUBLIK RAMAH ANAK PADA ALUN-ALUN KARAWANG

Syahir Hermawan, Riyadh and Zulphiniar Priyandoko, DS and meyliana Lisanti, ds (2024) EVALUASI RUANG PUBLIK RAMAH ANAK PADA ALUN-ALUN KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
Riyadh Syahir Hermawan_203060035_Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (1MB)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Karawang sebagai Kabuapten/Kota layak tentu memerlukan suatu ruang publik yang merepresentatifkan ramah anak sebagai suatu indikator dalam pemenuhan hak anak banyaknya ruang terbuka publik di kabupaten Karawang menjadi sebuah tantangan yang amat besar bagi pemerintah dalam mengelola dan menjadi seti ap ruang publik menjadi ruang publik ramah anak , berdasarkan pertimbangan dan melihat skala pelayanan alun-alun Karawang menjadi lokasi dalam penelitian ini yang berjudul Evaluasi Ruang Publik Ramah Anak Pada Alun-alun Karawang, dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana alun-alun Karawang dapat memenuhi sebagai ruang publik ramah anak dan mengevaluasi agar dapat mewujudkan alun-alun Karawang sebagai ruang publik ramah anak dam dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengembangan ruang publik ramah anak lainnya di Kabupaten Karawang sebagai upaya perwujudan dari penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengukur persepsi dari pengunjung atau orang yang pernah mengunjungi dengan metode pengambilan data berupa kuisoner yang dibagikan kepada pengunjung, penelitian ini terdapat 8 variabel yang terdiri dari masing -masing sub-aspek dengan parameter yang berbeda 8 variabel diantaranya yaitu : 1) Aksesibilitas; 2) Keamana dan Keselamatan; 3) Kenyamanan; 4) Desain /daya tarik; 5) Kelengkapan fasilitas; 6) Aktivitas; 7) Kelembagaan; dan 8) Vegetasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif,analisis kuisoner skala likert, analisis kesesuaian ,dan analisis evaluasi, hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya dari persepsi yang memperoleh nilai 61,49 % yang artinya masuk kedalam kategori cukup sesuai ramah anak sedangkan arahan pengembangan yang terbentuk adalah berupa peningkatan, penyediaan, penambahan, dan pemeliharan fasilitas kondisi eksisting yang ada, arahan pengembangan yang dirumuskan ad alah mengacu pada hasil analisis evaluasi atas dasar persepsi dan nilai kesesuaian. Kata kunci : Persepsi, Evaluasi, Ramah Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Sep 2024 02:31
Last Modified: 21 Sep 2024 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70403

Actions (login required)

View Item View Item