PERMATASARI, FEBRIANI, 205040002 (2024) ETHNO-EDUGAMES : IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NUSANTARA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Indo.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Inggris.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Sunda.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab 2.pdf Download (620kB) | Preview |
|
Text
10. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
||
Text
11. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
||
Text
12. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (450kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian yaitu guna menganalisis implementasi aplikasi ethnoedugames bertema permainan sangkuriang yang berpengaruh atau tidaknya terhadap kemampuan beprikir kritis siswa dalam materi ekosistem. Penulis menggunakan media pembelajaran aplikasi ethno-edugames sebagai dasar penelitian. Subyek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Nusantara Bandung. Desain penelitian menerapkan kuantitatif. Analisis data menerapkan metode PreExperimental Design dengan penggunaan One Group Pretest-Posttest Design yaitu satu kelas eksperimen diterapkan perlakuan pretest & posttest sebanyak 50 soal untuk memperoleh data kuantitatif. Hasil penelitian Uji Hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dinyatakan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah. Uji N-Gain menunjukan bahwa hasil pretest 17,35 dan posttest 42,68 dalam hasil tersebut terdapat gain 25,33 diperoleh hasil N-Gain 0,75>0,7 dengan kriteria tinggi. Dengan hasil peningkatan rata-rata pretest sebesar 35,03% dan ratarata posttest sebesar 82,98% menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem dengan menggunakan aplikasi ethnoedugames sangkuriang. Kata kunci : Berpikir Kritis, Ekosistem, Ethno-edugames
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 06:18 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 06:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70378 |
Actions (login required)
View Item |