ERI SITI SARAH, 115060160 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS 3 SDN SUKAGALIH 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER DONE FIX.doc Download (103kB) |
|
Text
pengesahan DONE FIX.doc Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI DONE FIX.doc Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
ABSTRAK DONE FIX.doc Download (50kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR DONE FIX.doc Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH DONE - FIX.doc Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR ISI DONE FIX.doc Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
BAB I DONE FIX.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB II DONE FIX.docx Download (65kB) |
|
Text
BAB III DONE FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
BAB IV DONE FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
BAB V DONE FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FULL DONE FIX.doc Download (39kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP FIX.doc Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis memiliki rumusan masalah diantaranya bagaimana menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3? Apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3?. Tujuan penelitian ini diantaranya ingin mengetahui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), ingin mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, dan ingin mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peneliti mengetahui dan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 3 dengan penilaian persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan kategori baik yaitu 3,30 dan penilaian pelaksanaan pembelajaran dengan kategori baik yaitu 3,20, serta dengan penilaian pemahaman konsep yaitu 3,70 dengan kategori baik dan penilaian hasil belajar melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu dengan rata-rata nilai 78,3, dan di dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan baik dalam penilaian pemahaman konsep maupun hasil belajar. Pada akhirnya data yang diperoleh pada saat pra siklus telah meningkat pada siklus I dan II dengan data awal hasil belajar siswa 44,4% meningkat menjadi 77,8%. Kata Kunci : Problem Based Learning , Pemahaman Konsep , dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 19:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 19:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7018 |
Actions (login required)
View Item |