PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI CIBABAT MANDIRI 4 KOTA CIMAHI

Rahmiati, Devi and Saraswati, Aas (2024) PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI CIBABAT MANDIRI 4 KOTA CIMAHI. Sinta 2.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL YUNISA_DEVI_AAS.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penggunaan media alat peraga sistem peredaran darah pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Cibabat Mandiri 4. Metode yang digunakan adalah metode Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik langsung sedangkan alat pengumpulan data adalah dengan menggunakan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP), dengan lembar soal evaluasi berupa pilhan ganda, serta adanya kegiatan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 70,7 dengan KKM 75 artinya sebanyak 19 siswa atau 52% siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Pada siklus ke I nilai rata-rata siswa 77,8 atau meningkat 7,1 bila dibandingkan dengan rata-rata prasiklus. Pada pelaksanaan siklus ke II nilai ratarata siswa menjadi 82,2 atau meningkat 4,4 jika dibandingkan dengan nilai ratarata siklus ke I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga sistem peredaran darah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Cibabat Mandiri 4 Kota Cimahi. Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Media Alat Peraga, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:12
Last Modified: 13 Sep 2024 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70082

Actions (login required)

View Item View Item