PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.) DAN PUREE LABU KUNING (Cucurbita moschata) TERHADAP KARAKTERISTIK FUDGY BROWNIES

Mumpuni, Putri Furya and Yelliantty, Y (2024) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris L.) DAN PUREE LABU KUNING (Cucurbita moschata) TERHADAP KARAKTERISTIK FUDGY BROWNIES. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
PUTRI FURYA MUMPUNI_223020047_TP22.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/70036/

Abstract

Brownies merupakan golongan cake yang memiliki warna coklat kehitaman dan rasa yang khas dominan cokelat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung kacang merah dan puree labu kuning terhadap karakteristik fudgy brownies. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat dikonsumsi bagi masyarakat yang tidak bisa mengonsumsi produk yang menggunakan tepung terigu yaitu penderita celiac disease, mengenalkan kepada masyarakat akan manfaat dari penggunaan tepung kacang merah sebagai pengganti tepung terigu yang memiliki kandungan protein yang tinggi, labu kuning kaya akan betakaroten sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pengolahan pangan dan untuk memberikan nilai tambah pada kacang merah yang belum dimanfaatkan secara optimal sebagai diversifikasi pangan. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari satu faktor, yaitu perbandingan tepung kacang merah dan puree labu kuning yang terdiri dari 6 taraf dan 4 kali pengulangan. Respon yang diuji pada penelitian ini adalah kadar air, uji protein, uji serat kasar, dan uji organoleptik. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Lanjut Duncan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perbandingan Tepung Kacang Merah dan Puree Labu Kuning berpengaruh terhadap respon kimia kadar air, protein, dan kadar serat kasar, serta respon organoleptik atribut warna, rasa, aroma, dan tekstur. Kata Kunci: fudgy brownies, puree labu kuning, tepung kacang merah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:33
Last Modified: 13 Sep 2024 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70036

Actions (login required)

View Item View Item