KAJIAN PRODUK CACAT KEMASAN KALENG SARDINES ABC CHILLI 155 g DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DI PT. ANCOL TERANG MPI, JAKARTA UTARA.

Prawira, Didi Yudha and Nurminabari, Ina Siti and Yelliantty, Y (2024) KAJIAN PRODUK CACAT KEMASAN KALENG SARDINES ABC CHILLI 155 g DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DI PT. ANCOL TERANG MPI, JAKARTA UTARA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
DIDI YUDHA PRAWIRA _203020169_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (0B)

Abstract

PT. Ancol Terang Metal Printing Industri merupakan perusahaan yang memproduksi kemasan kaleng yang digunakan sebagai pengemas makanan, numan, dan obat-obatan. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji produk cacat leng ABC Chilli 155 g. Penelitian dilakukan secara observasi dengan dimulai melakukan studi ndahuluan yang mencakup studi literatur dan studi lapangan, dilanjutkan identifikasi masalah. Tahap berikutnya adalah pengumpulan data, yang bertujuan untuk mencari data jumlah produk cacat yang diproduksi. Setelah itu, dilakukan olahan data menggunakan metode seven tools untuk selanjutnya dilakukan sis dan pembahasan. Pada produk kaleng ABC Chilli 155 g ditemukan enam jenis cacat, yaitu lah Inside Side Striping (ISS), Outside Side Striping (OSS), false seam, ratch, welding, dan penyok. Hasil analisis menggunakan Stratifikasi, Grafik lok, dan Diagram Pareto menunjukkan bahwa cacat penyok paling dominan ngan rata-rata reject dari bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Juni 2023 u 343 pcs. Oleh karena itu, perbaikan harus difokuskan pada cacat penyok untuk meningkatkan kualitas produk. Hasil analisis menggunakan Scatter Diagram menunjukkan bahwa hubungan negatif antara produksi dan cacat, dimana iring dengan peningkatan jumlah produksi, jumlah cacat sedikit menurun. Hasil sis Control Chart pada proses produksi berada dalam kondisi di luar kendali of control), hanya saja pada periode bulan Mei proses produksi berada dalam kondisi terkendali (in control). Pada Fishbone diagram, penyebab cacat penyok diri dari beberapa faktor yaitu mesin, manusia dan bahan tin plate. ta kunci: Produk Cacat, Kemasan Kaleng, Seven Tools.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:16
Last Modified: 12 Sep 2024 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70002

Actions (login required)

View Item View Item