PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG LABU KUNING (Curcubita moschata) DENGAN TEPUNG TERIGU DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK CRACKERS

Nasywa, Zalfa Haninda and Suliasih,, Neneng (2024) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG LABU KUNING (Curcubita moschata) DENGAN TEPUNG TERIGU DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KARAKTERISTIK CRACKERS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
REPOSITORY_ZALFA HANINDA NASYWA_203020071.pdf

Download (0B)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69946

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh perbandingan tepung labu kuning (curcubita moschata) dengan tepung terigu dan lama fermentasi terhadap karakteristik crackers. Penelitian ini terdiri dari 2 faktor yaitu perbandingan tepung labu kuning dengan tepung terigu (1:2), (1:1), (2:1) dan lama fermentasi (30 menit), (60 menit), (90 menit) metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan sehingga percobaan tersebut terdiri dari 27 satuan percobaan. Respon dalam penelitian ini terdiri dari respon kimia yaitu kadar air dan kadar kalsium. Respon fisik yaitu analisis rendemen dan volume pengembangan dan respon organoleptik atribut warna, tekstur, aroma, dan rasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan tepung labu kuning dengan tepung terigu berpengaruh terhadap respon warna, aroma, tekstur, rasa, volume pengembangan, kadar air, dan kadar kalsium crackers. Lama fermentasi berpengaruh terhadap respon tekstur, volume pengembangan, kadar air, dan kadar kalsium crackers. Interaksi antara perbandingan tepung labu kuning dengan tepung terigu dan lama fermentasi berpengaruh terhadap respon tekstur. Kata Kunci : Tepung Labu Kuning, Lama Fermentasi, Crackers.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:34
Last Modified: 12 Sep 2024 01:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69946

Actions (login required)

View Item View Item