Herawan, Nabilla Septiani (2024) PELAKSANAAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR KELURAHAN BABAKAN SARI KECAMATAN KIARACONDONG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
ABSTRAK.pdf Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (0B) |
|
Text
COVER.pdf Download (0B) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (0B) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB II.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB I.pdf Download (0B) |
Abstract
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menemukan beberapa permasalahan mengenai Pelaksanaan Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Permasalahan tersebut diantaranya masih kurangnya sarana dan pra sarana yang ada, kurangnya fasilitas yang disediakan pada ruang tunggu, kurangnya pemahaman warga mengenai prosedur pelayanan, alat bantu pelayanan yang masih kurang memadai, , dan juga kurangnya sosialisasi dari pihak eksternal mengenai kebijakan yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi data dan triangulasi waktu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Kualitas Pelayanan menurut Zeithaml. Hasil pengolahan data dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung sudah berjalan namun belum optimal. Untuk dimensi responsiveness, assurance, dan juga emphaty dinilai sudah cukup baik. Namun masih terdapat permasalahan pada dimensi tangible dan juga dimensi reliability. Faktor penghambat dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Babakan Sari, Kota Bandung, dapat dibagi menjadi dua dimensi: Tangible dan Reliability. Dalam dimensi Tangible, masalah terjadi yaitu kurangnya fasilitas ruang tunggu, alat bantu pelayanan yang masih kurang memadai, dan kurangnya informasi mengenai prosedur pelayanan. Sedangkan dalam dimensi Reliability, kendala muncul akibat kurangnya sosialisasi dari pihak eksternal. Agar pelaksanaan kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung dapat berjalan dengan optimal, beberapa upaya telah dilakukan. Dalam dimensi Tangible, langkah diambil dengan melakukan maintenance rutin terhadap sarana dan prasarana yang kurang memadai, menyediakan papan informasi yang jelas untuk masyarakat, serta melakukan penganggaran untuk meningkatkan fasilitas pada ruang tunggu pelayanan. Sementara itu, dalam dimensi Reliability, langkah yang diambil mencakup komunikasi aktif dan koordinasi dengan pihak eksternal terkait untuk memastikan kesesuaian standar yang berlaku. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:27 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69924 |
Actions (login required)
View Item |