AZZAHRA, DIEN FATIMAH,205040079 (2024) ETHNO-EDUGAMES: IMPLEMENTASI APLIKASI SANGKURIANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMAS SUMATRA 40 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat dan cepat, sehingga semua aspek kehidupan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu termasuk dalam pemanfaatan sebagai media pembelajaran. Perkembangan teknologi memunculkan berbagai macam media pembelajaran yang berguna dalam dunia pendidikan. Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Salah satunya yang menjadi media pembelajaram di dunia pendidikan saat ini adalah penggunaan aplikasi edugames. Maka dari itu tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi ethno-edugames sangkuriang dapat meningkatkan dapat meningkatkan hasail belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas X di SMAS Sumatra 40 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksprerimental dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest sebanyak 50 soal dan observasi di lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54,47 kemudian terjadi peningkatan pada rata-rata nilai posttest menjadi 82,73 selanjutnya dilakukan perhitungan pada N-gain yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,63 dan termasuk ke dalam kategori sedang cukup efektif. Selanjutnya berdasarkan uji t yang dilakukan dengan bantuan software SPSS 29 memperoleh hasil Sig. (1-sided p) sebesar < 0,001 atau kurang dari 0,001 sehingga nilai Sig. < 0,05 yang berarti Ha diterima HO ditolak dikarenakan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran aplikasi ethno-edugames (sangkuriang) pada materi ekosistem kelas x di SMAS Sumatra 40 Bandung. Kata Kunci : Ethno-edugames, Implementasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69852 |
Actions (login required)
View Item |